JURUSAN AGROEKOTEKNOLOGI

 
Sejarah

Agroekoteknologi

1963

1963

Didirkannya Fakultas Pertanian

 Fakultas Pertanian Universitas Jambi mulai berdiri pada 23 Maret 1963, seiring dengan berdirinya Universitas Negeri Jambi. Sebelum adanya institusi ini, pada tahun 1960 telah ada Akademi Perniagaan yang kemudian berkembang menjadi Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum. Syarat pendirian universitas negeri pada waktu itu harus memiliki paling sedikit 2 fakultas ilmu sosial dan 2 fakultas eksakta, maka para pendiri Universitas Negeri Jambi yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Djambi mengusulkan pembentukan Fakultas Pertanian dan Peternakan sebagai bagian dari Universitas Negeri Jambi.

1963

Yayasan Perguruan Tinggi Djambi

Yayasan Perguruan Tinggi Djambi adalah pelopor dan sekaligus motor dari semuanya ini. Pada awal berdirinya tanggal 20 Mei 1960, yayasan ini mulai mendirikan akademi perniagaan, kemudian pada tahun 1961 mengembangkan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum serta pada tahun 1963 memperjuangkan berdirinya Universitas Negeri Jambi yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Pertanian, dan Peternakan di bawah pimpinan seorang presidium yaitu Gubernur Jambi Yusuf Singedekane. Untuk membiayai kegiatan, yayasan yang diketuai oleh Sudarsono (Walikota Jambi) ini diperkenankan untuk menerima bagian dari harga jual beberapa bahan kebutuhan pokok seperti beras dan gula yang beredar di Provinsi Jambi.

1968

1968

Rehabilitasi

Dengan hadirnya Ir. SB. Samad di Fakultas Pertanian Universitas Jambi, maka pada tahun 1964 penerimaan mahasiswa baru . Jumlah mahasiswa pada waktu itu tidak lebih dari 50 orang, yang sebagian besar terdiri dari pegawai negeri. Tenaga pengajar tetap hanya 5 orang (termasuk dosen peternakan), selebihnya adalah tenaga pengajar bantuan dari para pejabat sarjana yang bertugas di Jambi pada waktu itu.Bangunan perkuliahan satusatunya adalah gedung kampus di Jalan Diponegoro 16 (sekarang jalan Rd. Mattaher) Pasar Jambi yang dipakai bersama dengan 3 fakultas lainnya. Kampus itu hanya terdiri dari satu bangunan bekas rumah dan satu bangunan bekas Sekolah Menengah Ekonomi Pertama (SMEP).

Pada tahun 1968, kondisi mulai pulih dan SB Samad kembali menjalankan tugasnya sebagai dekan, perkuliahan kembali dibuka dan sejumlah mahasiswa yang diskor direhabilitasi, dan penerimaan  mahasiswa baru kembali dilakukan . Bersamaan dengan itu Fakultas Pertanian juga mendapatkan tambahan dosen baru yaitu Ir.A. Djamhuri dan Ir. Permedi dan diikuti oleh Ir. Bakry Wahab pada tahun berikutnya yang kemudian ketiganya menjabat Pembantu Dekan I, II, dan III sampai tahun 1971, saat dilakukan pemilihan pimpinan fakultas kembali.

1971

1971

Meluluskan Mahasiswa

Pada tahun 1971 dilakukan pergantian jabatan Pembantu Dekan. Ir. Permedi menjabat sebagai Pembantu Dekan I. Pembantu Dekan II dijabat oleh tenaga baru Ir. Daniel Saaluddin, sedangkan jabatan Pembantu Dekan III tetap dipegang oleh Ir. Bakry Wahab. Pada tahun ini pertama kali Fakultas Pertanian ini meluluskan mahasiswanya sebagai sarjana muda.

2008

May 2019

Penggabungan Menjadi Prodi Agroekoteknologi

Periode 2008 – 2012, jabatan Dekan masih dipercayakan kepada Prof. Dr. Ir. Zulkifli, M.Sc., yang didampingi oleh Prof. Dr. Ir. H. Zulkarnain, M.Hort.Sc., Drs. H. Asrizal Paiman, M.Si., dan Ir. Yulia Morsa Said, MT., Surv. sebagai Pembantu Dekan I, II, dan III. Pada periode ini (Tahun 2008) dibuka Program Studi Magister Agribisnis, berdasarkan Pada periode ini juga (Tahun 2009) dilakukan penggabungan Program Studi Agronomi, Ilmu Tanah, dan Hama Penyakit Tumbuhan menjadi Program Studi Agroekoteknologi, sementara Program Studi Agribisnis dan Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian digabung  menjadi Prog ram Stu d I Agribisnis.  Penggabungan program studi ini berdasarkan SK. Dirjen Dikti No. 163/Dikti/Kep/2007 tanggal 27 September 2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi. Pada tahun 2009 juga dibuka Program Studi Kehutanan berdasarkan SK. Dirjen Dikti No. 154/D/T/2009 tanggal 6 Februari 2009.

http://agroekoteknologi.unja.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/cropped-pertanian-1-1280x593.jpg

SejarahJurusan Agroekoteknologi

AlamatAgroekoteknologi UNJA
Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian
Muaro Jambi, Jambi, Indonesia
VisitorCounter

Our Visitor

007452
Views Today : 57
Views Last 7 days : 286
Views This Month : 641
Views This Year : 4949
Total views : 13854
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.238.112.198
Server Time : 2024-05-20
KerjasamaKerjasama
  • Camat Keliling Danau Kerinci
  • Dinas Perkebunan prov. Jambi
  • UINSUSKA Riau
  • PT SBB dan SMB
  • SMK Asy’ariyah
  • Workshop Teknomartino
  • Desa IBRU
  • STIP Graha Karya
  • Desa Jujun Kerinci
Media SosialAgroekoteknologi UNJA
AlamatAgroekoteknologi UNJA
Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian
Muaro Jambi, Jambi, Indonesia
VisitorCounter
http://agroekoteknologi.unja.ac.id/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
MedsosAgroekoteknologi

Agroekoteknologi Universitas Jambi. All rights reserved.

Agroekoteknologi Universitas Jambi. All rights reserved.